Intel Mengubah Penamaan CPU Mereka dari “Intel Core i” Berubah Menjadi “Intel Core Ultra”

Akhirnya Intel mengungkapkan penamaan baru CPU mereka yang duhulunya “Intel Core i” sekarang diganti dengan “Intel Core Ultra”, yang akan dimulai pada jajaran CPU Intel generasi ke-14 “Meteor Lake.”

Sumber dari: wccftech

Dari rumor-rumor sebelumnya adanya bocoran data benchmark CPU dengan codename “Core Ultra 5 1003H” sekarang sudah dikonfirmasi oleh Intel sendiri bahwa akan menggantikan atau menambah penamaan CPU mereka pada generasi selanjutnya yakni Intel generasi ke-14 Meteor Lake.

Dengan penamaan CPU Intel baru ini akan menjadi membingungkan seperti penamaan CPU AMD yang terbaru di laptop, walaupun sudah menggunakan nama generasi 7000 tapi masih belum sepenuhnya menggunakan inti arsitektur terbaru Zen 4.

Core Ultra adalah penamaan baru untuk CPU premium dari Intel. Jajaran terbaru akan dimulai dengan chip Intel Meteor Lake, yang mana sebelumnya akan diberi nama generasi ke-14, dan akan diluncurkan pada paruh waktu kedua tahun 2023. Dengan Core Ultra, dan generasi berikutnya dari chip Intel Core reguler juga, Intel sedang mengatur ulang dan mengurangi prioritas pada generasinya “Core i” nya. "Core Ultra" akan berjalan di seluruh CPU desktop dan laptop.

Kalian akan melihat i3/i5/i7/i9 digantikan dengan 3/5/7/9 seperti yang terlihat pada gambar diatas. Chip Intel Core akan meninggalkan huruf “i”. Intel mengatakan bahwa merek penamaan U/P/H masih akan tetap ada. Oleh karena itu, masih belum terlalu jelas perbedaan utama antara Intel Core dengan Intel Core Ultra.

sumber dari: videocardz

Dengan memperkenalkan CPU baru mereka Meteor Lake, Intel telah mengumumkan dua jenis produk. Produk kelas utama memiliki SKU Core 3, Core 5, Core 7, sedangkan produk kelas premium memiliki SKU Core Ultra 5, Core Ultra 7 dan Core Ultra 9. CPU-CPU ini tidak akan menggunakan lagi huruf “i” dalam namanya. 

Untuk lebih jelasnya,  berikut ini adalah nama penggantian: 

  • Core i3 menjadi Core 3
  • Core i5 menjadi Core 5 atau Core Ultra 5
  • Core i7 menjadi Core 7 atau Core Ultra 7
  • Core i9 menjadi Core Ultra 9

Contoh lebih jelasnya, seperti berikut:

  • Untuk komputer desktop: Core 9 13900K atau Core Ultra 9 13900K
  • Untuk laptop: Core 7 13700H atau Core Ultra 7 13700H
sumber dari: videocardz

Namun kita mengetahui bahwa tiga SKU Intel Meteor Lake yang telah bocor sebelumnya menggunakan skema penamaan baru. SKU tersebut diantaranya Core Ultra 7 1003H, Core Ultra 7 1002H, dan Core Ultra 5 1003H. Akan tetapi ketiga SKU tersebut tidak mencerminkan skema penamaan CPU generasi ke-14 Meteor Lake. Hal ini disebabkan mereka baru mengatur ulang generasi menjadi satu. Jadi, daripada menjadi CPU Meteor Lake generasi ke-14, SKU ini sebenarnya adalah CPU Core generasi pertama. Jajaran Core Ultra generasi pertama akan mencakup dua keluarga utama, yakni Meteor Lake dan Raptor Lake-U Refresh.

Sumber dari: Intel

Dengan perubahan skema penamaan ini, Intel juga memperbaharui merek “Evo dan vPro” mereka. Perangkat yang memenuhi standar “Evo” yang diperlukan sekarang akan disebut “Intel Evo Edition”, bukan hanya menggunakan logo “Intel Evo” saja. Dan memperbaharui “vPro” dengan “Intel vPro Enterprise dan vPro Essential.”

Sumber dari:

Komentar